Tuesday, March 15, 2011

isik - isik

~ji = jam~ nama-nama hari
Ichiji : jam 1 Senin : getsuyoubi
Niji : jam 2 Selasa : kayoubi
Sanji :jam 3 Rabu : suiyoubi
Yoji : jam 4 Kamis : mokuyoubi
Goji : jam 5 Jumat : kinyoubi
Rokuji : jam 6 Sabtu : douyoubi
Shichiji : jam 7 Minggu : nichiyoubi
Hachiji : jam 8 Hari apa? : nanyoubi
Kuji :jam 9
Juuji :jam 10
Juuichiji : jam 11
Juuniji : jam 12
nanji? : jam berapa

Kata tanya
Nani : apa
Doko : dimana
Itsu : kapan
Dochira : yang mana…

~kara~made : dari ~ sampai ~
sanji kara shichiji made…. : dari jam 3 sampai jam 7………
Jakarta kara Tokyo made ….. : Dari Jakarta sampai Bandung…….
Kayoubi kara kinyoubi made…… : dari selasa sampai Jum’at…….
~dewaarimasen : bukan
Dewaarimasen adalah bentuk negative dari desu contonya
Watashi wa sensei dewaarimasen : Saya bukan guru
Kore wa watashi no dewaarimasen : itu bukan guru kepunyaan saya
Tanaka-san nihon jin dewaarimasen : tanaka bukan orang jepang

~Gurai : kira-kira~
Jakarta kara Tokyo made kujikan gurai kakarimasu : dari Jakarta ke Tokyo kira-kira 9 jam

Partikel
To : dan/ dengan

Watashi wa nami san to gakkou e ikimasu : saya pergi ke sekolah dengan nami san
No : untuk kepemilikan

Watashi no koibito : pacar saya
Okaasan no tokei : jam ibu
Mo : juga

Watashi mo sushi ga suki desu : saya juga suka sushi
Ashita mo byouin e ikimasu : besok juga akan pergi ke rumah sakit
E : ke
Uchi e kaerimasu : pulang kerumah
Toshokan e ikimasu : pergi ke perpustakaan
~hou ga : lebih

Amari~bentuk negative : tidak terlalu~
Amari amakunai : tidak terlalu manis
Amari kireikunai : tidak terlalu cantik

No comments:

Post a Comment

halo 2019 yang katanya tahun politik

halo, tidak terasa sudah hampir 6 tahun saya tidak menulis di sini, mulai hari ini saya akan coba produktif lagi melalui blog ini , untuk ke...